Penyebab Komputer Sering Hang Atau Lag

http://2.bp.blogspot.com/-H8AksTYBEpA/UKIWMKS58EI/AAAAAAAAAUM/-XDJi38f0NE/s200/komputer-pusing1.jpg
Komputer NgeLag atau hang pasti sobat sering mengalami kejadian tersebut, ketika kita sedang asik bermain komputer ngegame, browsing atau apa lah pasti rasanya sangat kesal , karena saya sudah mengaami itu sampe-sampe pengen tendang tuh cpu :D, komputer ngehang atau ngelag ini disebabkan oleh pemakaian yang terlalu lama, pasta penyalur panas dari badan prosesor tidak bisa menyalurkan panas dengan baik ke pendingin karena pasta telah kering. Keringnya pasta disebabkan oleh umur PC yang sudah lama. dan sementara kipas prosesor tidak bekerja maksimal
ilustrasi Hang adalah Komputer Berhenti tanpa bisa digunakan dengan bahasa lain yaitu komputer ngadat atau Mogok kerja bisa dibilang hidup tapi tidak berfungsi, kursor tak berkedip-kedip, pointer tidak bisa di geser, tombol capslock saat ditekan lampu indikatornya tidak menyala begitu juga tombol numlock tidak bereaksi. Secara tiba-tiba komputer Anda berasa di pause, tak bisa bergerak, film yang di putar macet atau musik yang anda nyalakan suaranya tersekat.
http://1.bp.blogspot.com/-H9dT0xeM5mk/UTUS1Z0RPMI/AAAAAAAAA-o/xvjeLGyVD7s/s1600/cara+mengatasi+komputer+hang+macet+not+responding.jpg 

5 Penyebab Komputer Sering Hang Atau Lag

Komputer NgeLag atau ngHang ini bisa di sebabkan oleh beberapa faktor berikut ini
  1. Komputer hang karena CPU kepanasan
    Sebagian komputer menjadi hang, karena sistem pendingin pada CPU tidak berjalan dengan baik. Untuk menanggulangi hal ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan :
    • Buka heatsing dan kipas processor secara hati – hati.
    • Bersihkan sirip-sirip pendingin dan fan processor dari debu, kalau fan macet beri minyak pelumas sedikit pada bagian poros kalau perlu ganti fan dengan yang baru.
    • Bersihkan thermal paste yang sudah kering yang menempel pada processor dan heatsink, ganti dan oleskan thermal paste yang baru.
    • Masukan lagi processor, heatsink serta fan kedalam dudukannya secara hati-hati.
    • Perhatikan posisi heatsink (pendingin) dan kipas Processor, pastikan kondisi Heatsing sudah terpasang secara benar terutama untuk tipe Heatsing untuk Processor socket LGA, perhatikan kondisi tiap-tiap sekrup yang terpasang.
  2. Komputer hang karena Power Supply kekurangan daya
    Ada kalanya juga komputer hang karena Power Supply yang sudah rusak, meskipun tidak menyebabkan mati total, kekurangan daya pada power supply bisa menyebabkan kinerja komputer melambat bahkan komputer menjadi hang dan beberapa peralatan USB tidak terdeteksi atau tidak berfungsi.
  3. Komputer hang karena hardisk bad sector
    Saya pernah mengalami kejadian dimana setelah Windows booting semua tampak berjalan normal, tetapi ketika membuka sebuah dokumen dan mulai bekerja, tiba-tiba mouse dankeyboard diam, komputer menjadi hang!!!. Sayapun kemudian mencopot hardisk tersebut dan memasangkannya pada komputer lain kemudian menjalankan program checkdisk untuk memeriksa dan memperbaiki keruksakan pada  hardisk tersebut. Setelah hardisk selesai diperbaiki kemudian dipasangkan kembali pada komputer sebelumnya dan Alhamdulillah kondisi komputerpun normal kembali.
  4. Komputer hang karena VGA Card rusak
    Beberapa komputer juga mengalami hang karena terdapat keruksakan pada katu VGA-nya. Hal ini juga pernah saya alami ketika seorang teman mengeluhkan kondisi komputernya yang tiba-tiba aja menjadi sering hang. Setelah saya cek ternyata heatsink pada kartu VGA terasa panasnya tidak normal, untuk itu sayapun kemudian mengganti kartu VGA tersebut dan ternyata setelah kartu VGA saya ganti kondisi komputer menjadi normal kembali.
  5. Komputer hang karena koneksi LAN
    Untuk komputer yang terhubung ke jaringan, kadang kala terasa berat ketika mengakses data dari komputer lain, program berjalan lambat dan akhirnya komputer seakan-akan menjadi hang. Untuk memastikan komputer hang karena koneksi jaringan (LAN), lepaskan dulu kabel jaringan pada komputer kemudian jalankan komputer seperti biasa. Apabila semua berjalan secara normal dapat dipastikan komputer hang karena koneksi jaringan.
Beberapa cara yang bisa dilakukan akibat komputer hang karena koneksi jaringan adlah:
  1. pastikan konektor RJ45 terpasang dengan benar, bila perlu lakukan crimping ulang.
  2. gunakan perintah ping untuk memeriksa koneksi jaringan (contoh perintah: ping -l 200 192.168.0.1)
  3. lakukan reset pada hub (switch) LAN, caranya bisa dengan mencabut kabel power Hub/Switch tersebut, tunggu beberapa saat kemudian masukan kembali.
  4. cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkan kabel jaringan dari port yang satu ke port yang lain (biasanya ada beberapa port dalam hub yang menjadi rusak karena masalah-masalah tertentu).
  5. troubleshooting yang juga bisa kita lakukan adalah dengan mengganti kartu jaringan (LAN Card) dengan yang baru.
Sekian hanya info inilah yang dapat saya sampaikan kepada sobat tentang 5 Penyebab Komputer Sering Hang Atau Lag padahal masih banyak penyebab komputer ngehang, mudah-mudahan bisa bermanfaat agi kita semua amin
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Show Parser Box